Kamis, 06 Juni 2013

Buatlah program untuk menampilkan hasil ke listview untuk kasus latihan listview perhitungan jumlah barang





Buatlah program untuk menampilkan hasil ke listview untuk kasus latihan listview perhitungan jumlah barang


Berikut Jawaban Program :
 
Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

        Me.Text = "PENJUALAN BARANG"

        Kode.Items.Add("TS001")

        Kode.Items.Add("TS002")
        Kode.Items.Add("VG001")
        Kode.Items.Add("VG002")

        Buattabel()

    End Sub
    Sub Buattabel()
        LV.Columns.Add("No Pembelian", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Kode Barang", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Nama Barang", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Merk", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Jumlah Beli", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Total Harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
    End Sub
    Sub ISITABEL()
        Dim LST As New ListViewItem
        LST.Text = No.Text
        LST.SubItems.Add(Kode.Text)
        LST.SubItems.Add(Nama.Text)
        LST.SubItems.Add(Merk.Text)
        LST.SubItems.Add(Harga.Text)
        LST.SubItems.Add(Jumlah.Text)
        LST.SubItems.Add(Total.Text)
        LV.Items.Add(LST)
    End Sub
    Sub smpn(ByVal t As Form)
        No.Text = ""
        Kode.Text = ""
        Nama.Text = ""
        Merk.Text = ""
        Harga.Text = ""
        Jumlah.Text = ""
        Total.Text = ""
    End Sub

    Private Sub Kode_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kode.SelectedIndexChanged

        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kode.Text, 2)
        Select Case x
            Case "TS" : Merk.Text = "Toshiba"
            Case "VG" : Merk.Text = "V-Gen"
        End Select
        Dim y As String
        y = Microsoft.VisualBasic.Right(Kode.Text, 3)
        Select Case y
            Case "001" : Nama.Text = "Flashdisk 4GB"
            Case "002" : Nama.Text = "Flashdisk 2GB"
        End Select
        Dim z As String
        z = Microsoft.VisualBasic.Mid(Kode.Text, 1)
        Select Case z
            Case "TS001" : Harga.Text = "105000"
            Case "TS002" : Harga.Text = "75000"
            Case "VG001" : Harga.Text = "90000"
            Case "VG002" : Harga.Text = "60000"
        End Select
    End Sub

    Private Sub Btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnproses.Click

        Total.Text = Val(Harga.Text) * Val(Jumlah.Text)
    End Sub
    Private Sub Bntsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Bntsimpan.Click
        ISITABEL()
        smpn(Me)
    End Sub

    Private Sub btnhapusdata_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnhapusdata.Click

        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub Btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnhapus.Click

        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnkeluar.Click

        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub btnbersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click

        No.Text = ""
        Kode.Text = ""
        Nama.Text = ""
        Merk.Text = ""
        Harga.Text = ""
        Jumlah.Text = ""
        Total.Text = ""
    End Sub
End Class

hasilnya program :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar