Sabtu, 27 April 2013

Cara Membersihkan Hard Disk Drive Komputer


 
Jika komputer anda terasa lebih lambat dari biasanya, mungkin itu disebabkan oleh banyaknya file dan data yang mengisi hard drive. Dengan membersihkan file-file tidak penting dari hard drive, komputer dapat bekerja dengan lebih efisien. Dengan beberapa step dasar berikut ini, anda dapat membebaskan sebagian kapasitas hard disk sekaligus mempercepat kinerja komputer:

Uninstal program yang tidak digunakan lagi

Periksa kembali daftar program yang terinstal di komputer anda. Program yang tidak digunakan hanya akan mengkonsumsi kapasitas hard disk dan memperlambat kinerja komputer secara keseluruhan. Namun sebaiknya anda cukup menghapus program yang anda kenal, atau melakukannya pada program yang memang telah anda instal sebelumnya.
Untuk meng-uninstal program, klik Start, lalu pilih Control Panel > Programs > Uninstall a program. Selanjutnya pilih program yang akan dihapus dan klik Uninstall.

Susun dan organisir kembali file-file pada hard drive

Merapikan file dan data yang terdapat di folder ‘Documents’, ‘Pictures’, ‘Musics’, dan folder lainnya akan membuat kerja komputer lebih mudah. Hapus file-file yang tidak lagi diperlukan. Setelah itu susun file ke dalam folder-folder sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Gunakan media penyimpanan eksternal

Jika memungkinkan, anda dapat menyimpan sebagian file (khususnya yang ukurannya besar) di media penyimpanan eksternal, seperti Flashdisk, DVD, atau hard disk eksternal. Anda memang harus menghubungkan media eksternal tersebut untuk mengakses file, namun metode ini membuat kapasitas hard drive lebih ‘lega’ dan membuat kinerja komputer menjadi lebih ringan.

Membersihkan data log dan temporary files

Untuk membersihkan file-file “junk” (log and temporary files), klik Start lalu pilih All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup. Selanjutnya pilih drive yang ingin dibersihkan dan klik OK. Fitur Disk Cleanup akan mengkalkulasikan jumlah kapasitas data yang akan dibersihkan. Proses ini biasanya berjalan singkat. Anda dapat memilih file-file yang ingin dibersihkan dari masing-masing drive.

Menggunakan tool Disk Defragmenter

Anda juga dapat membebaskan lebih banyak kapasitas hard drive dengan melakukan defragmentasi, menggunakan tool Disk Defragmenter. Untuk melakukannya, klik Start lalu pilih All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. Saat jendela Disk Defragmenter muncul, pilih drive atau partisi yang ingin didefrag. Klik Analyze disk untuk mengetahui apakah sebuah partisi butuh didefrag. Jika Windows menyarankan untuk dilakukan defrag, maka klik Defragment disk untuk memulai proses defragmentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar